Pemkot Surabaya Gelar Sosialisasi Kampung KB

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya menggelar acara Sosialisasi Kampung KB. Sosialisasi ini bertempat di Kaza lantai 2, Selasa (22/8) dan dihadiri oleh perwakilan dari 8 kecamatan yang ada di Surabaya yaitu Kecamatan Kenjeran, Simokerto, Pabean Cantian, Krembangan, Bubutan, Genteng, Bulak dan Tegal Sari. 

Sosialisasi Kampung KB dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas DP5A, Nanis Chairani. Dalam sambutannya Nanis Chairani mengatakan "Kami sudah membentuk satu Kampung KB di Semampir tepatnya RW 5, alasan kami memilih Kampung KB di Semampir waktu itu karena kampung itulah yang kami rasa perlu untuk kita sentuh secara langsung. Maka dari itu mari kita dukung pembangunan Kampung KB bersama-sama". 

Nanis Chairani juga menjelaskan kepada peserta sosialisasi bahwa perlunya data yang real seperti jumlah penduduk yang belum KB, anak-anak yang putus sekolah sampai pendataan bagi remaja yang tidak bekerja. Peran para kader juga masyarakat sangat dibutuhkan dalam hal ini, karena menurut Nanis Chairani merekalah yang tau situasi dan kondisi di wilayah masing-masing.  

Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW, Dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematik dan sistemis.  

Kampung KB menjadi menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas Program KKBPK secara utuh di lini lapangan. Kampung KB merupakan salah satu bentuk/model miniatur pelaksanaan total Program KKBPK secara utuh yang melibatkan seluruh Bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dengan instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di tingkatan Pemerintah terendah di seluruh kecamatan. 

Nanis Chairani menambahkan tujuan diadakannya Sosialisasi Kampung KB ini guna meningkatkan kualitas hidupmasyarakat di tingkqt kampunh atau yang setara melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan sektor terkait daam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.(p/ab)